Minggu, 02 Desember 2012

Sejarah Komputer


 Komputer pada kala ini sangatlah populer. Dulu komputer adalah barang yang mewah. Namun, sekarang banyak orang yang memiliki komputer. Sekarang hampir semua usia dapat mengoperasikan komputer. Tua, muda, dapat menggunakan komputer. Namun, tahukah kalian sejarah komputer ?
sejarah singkat munculnya komputer
Gagasan tentang komputer dan Sejarah Komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali pada tahun 1822, ketika seorang ahli matematika bangsa Inggris yaitu Charles Babbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematik.
Kemudian pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan lagi difference engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan kalkulasi apa saja, sehingga mesin inilah yang untuk pertama kali dikenal sebagai general purpose digital komputer.




Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer zaman sekarang karena prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja komputer sekarang, termasuk di dalamnya peralatan input, memory komputer, stoed program dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini, Charles Babbage dianggap sebagai bapak komputer modern.

Kemudian pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem, seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya secara mekanik elektronik. Kemudian dengan bantuan perusahaan IBM, pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik. Komputer yang baru diberi nama “Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC). Komputer inilah yang merupakan suatu realisasi dari apa yang diimpikan oleh Charles Babbage. Komputer Harvard Mark I ini, jika dibandingkan dengankomputer sekarang tentu mempunyai perbedaan yang sangat menyolok, terutama dalam hal kecepatan.
Nah, itu dia sejarah singkat lahirnya komputer. Semoga postingan tentang Sejarah singkat komputer ini dapat memberi wawasan bagi yang belum mengetahui. Semoga saja dapat bermanfaat bagi yang sedang mencarinya.
sumber :http://bundakikuk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar