Sabtu, 01 Desember 2012

Beasiswa ke Jerman Tak Hanya DAAD

Salah satu negara yang menjadi sasaran para pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi adalah Jerman. Berbagai beasiswa untuk studi maupun untuk riset penelitian disediakan bagi para pelajar atau mahasiswa asing yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman. Perwakilan dari DAAD Jakarta, Olivia Sopacua, mengatakan bahwa beasiswa studi diutamakan untuk jenjang master dan doktorat. Sementara itu, bagi para akademisi yang ingin melakukan riset penelitian juga memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa.
“Beasiswa untuk sekolah di Jerman tersedia banyak. Tidak hanya terbatas pada DAAD saja,” kata Olivia kepada tiem Redaksi. Untuk DAAD, umumnya menawarkan program beasiswauntuk jenjang master dan doktorat bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti dari sektor publik maupun swasta. Sementara bagi mahasiswa S1 khususnya untuk jurusan sastra Jerman ditawarkan program summer course dan beasiswa studi selama satu semester.
Selain dari DAAD, pemerintah Jerman juga bekerja sama dengan pemerintah Indonesia menyediakan beasiswa yaitu Indonesia-Germany Scholarship Programme (IGSP) yang dikhususkan untuk jenjang doktorat. Persyaratan dan pendaftaran untuk program ini diatur oleh DIKTI.
“Ada juga yang dibuka oleh yayasan atau universitas langsung. Biasanya kalau dari universitas, dapat diketahui setelah yang bersangkutan diterima,” jelas Olivia. Salah satu yayasan yang menawarkan beasiswa untuk melakukan riset di Jerman adalah Yayasan Alexander von Humboldt. Namun jika ingin mengetahui lebih lanjut untuk yayasan yang menawarkan program beasiswa studi maupun riset dapat mengunjungi situs www.daadjkt.org atau www.funding-guide.de.
“Yayasan yang punya program beasiswa cukup banyak. Ada yang berafiliasi secara politik, institusi sosial, negara bagian bahkan gereja,” tandasnya.
Jadi jika berminat mengejar mimpi untuk bersekolah di Jerman dengan program beasiswamaka jangan ragu untuk rajin mencari informasi melalui DAAD atau yayasan yang memiliki korelasi terhadap penyediaan beasiswa.
Sumber : Kompas.com dan Redaksi


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar